Beranda > KOTA KU > My City ( MOJOKERTO)

My City ( MOJOKERTO)

Kabupaten Mojokerto

Kabupaten Mojokerto, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia beribukota Mojokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik di utara, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan di timur, Kabupaten Malang dan Kota Batu di selatan, serta Kabupaten Jombang di barat.

Kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Kini banyak gedung dan kantor pemerintahan yang dipindahkan ke Kota Mojosari, sebelah timur Kota Mojokerto.

Bagian selatan Kabupaten Mojokerto berupa pegunungan, dengan puncak Gunung Welirang (3.156 m) dan Gunung Anjasmoro (2.277 m).


PariwisataKabupaten Mojokerto memiliki sejumlah obyek wisata menarik.

Di Mojokerto terdapat kecamatan Trowulan, yang pernah menjadi pusat Kerajaan Majapahit. Ini terlihat dari banyaknya sisa peninggalan sejarah kerajaan tersebut yang dijumpai di sana. Trowulan adalah daya tarik utama wisata sejarah di kabupaten ini, karena terdapat puluhan candi peninggalan Kerajaan Majapahit, makam raja-raja Majapahit, serta Pendopo Agung yang diperkirakan berada tepat di pusat istana Majapahit. Kawasan pegunungan di selatan juga merupakan kawasan wisata andalan, di antaranya Wisata Arung Jeram dan Lokasi Outbound Training OBECH Wilderness Experience,Pemandian Air Panas di Pacet dan vila-vila peristirahatan di Trawas.

Hal lain adalah perkembangan industri kecil di Mojokerto, antara lain: Kecamatan Soko terkenal sebagai sentra industri sepatu dan sandal, Kecamatan Trowulan terkenal dengan kerajinan emas, perak, dan patung batu. Kecamatan Bangsal terkenal dengan krupuk rambaknya dan juga sekolah polisi negara.

Letak Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto

Onde-onde

Onde-onde, hamper mirip dengan kata ondel-ondel. Tapi jangan salah ini onde-onde, oleh-oleh khas Mojokerto asli, pernah aku mendengarkan cerita dari salah seorang guruku. Beliau bercerita tentang orang cina yang bertanya bagaimana cara menempelkan biji wijen ke onde-onde yang akan digoreng. Dan beliau mengatakan “mereka(orang cina) kok ribet sangat mikirin cara nempel biji wijen ke onde-onde, ga’ kayak orang sini, ya cukup di guling-gulingin ke tampan saja yang isinya biji wijen, bereskan…!!! ”. Dari situ terfikir ada benar juga ya. Onde-onde tombane lambe, itu adalah pepatah yang sering terdengar jika ada onde-onde.
Jadi makanan ini enak untuk dinikmati semua kalangan, karena Lezat dan bergizi. Dari sebuah kesederhanaan makanan, menimbulkan kesan yang tak terlupakan

Sedikit gurauan yang pernah aku dengar dan ingat seperti ini ” Hidup ini seperti makan Onde-onde, kau akan lupa semuanya ketika merasakan enak dan gurihnya onde-onde “. coba aja ngerasai rasa onde-onde pasti kamu akan menemukan kenikmatan tersendiri ketika memakan/menikmati onde-onde.

Berbagi adalah hal yang baik dan menyenangkan, untuk melestarikan warisan leluhur. Berikut adalah resep Onde-onde yang saya bagikan bagi yang ingin membuat sendiri makanan cirri khas Mojokerto.

Resepe Onde-onde

Iklan
Kategori:KOTA KU
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: